Breaking News

Jadwal Liga Belanda

Jadwal Liga Belanda Dan 3 Hal Menarik Dari Eredivisie

 Jadwal liga Belanda menjadi hal yang dinanti oleh para pecinta sepak bola Eropa dari negara kincir angin ini. Menjadi liga terbaik versi UEFA tahun 2019-2020, pertandingan sepak bola yang mempunyai nama Eredivisie ini diikuti oleh puluhan tim professional terkemuka Belanda.

Pada tahun 2021 ini, jadwal liga Belanda sudah mulai diluncurkan dan mempertemukan tim sepak bola terbaik dalam sebuah pertandingan yang tergabung dalam Eredivisie team. Selain jadwal, berikut ini terdapat tiga hal menarik mengenai Eredivisie yang wajib Anda ketahui.

Jadwal Liga Belanda

Hadirnya jadwal liga Belanda 2020/21 ini memberikan warna pada pertandingan kelas Eropa. Mulai dari Januari 2021, Anda sudah bisa menyaksikan pertandingan bergengsi antar tim dengan mengandalkan pemain-pemain kelas atas yang tidak hanya berasal dari Belanda saja.

1.      RKC Waalwijk Vs Ado Den Haag

Pertandingan yang berlangsung pada tanggal 09 Januari 2021 mendatang ini mempertemukan tim RKC Waalwijk dan Ado Den Haag. Jika dilihat dari sejarahnya, RKC Waalwijk merupakan tim terkecil di liga Eredivisie. Tapi yang membanggakan adalah bahwa RKC Waalwijk mampu bertahan cukup lama di liga ini.

Sedangkan untuk Ado Den Haag sempat mengalami kekalahan saat berada dalam pertandingan, menjadikan tim yang berdiri semenjak tahun 1905 ini harus berlapang dada mengalami degradasi pada tahun 2006, lalu kembali lagi bertanding di Eredivisie pada tahun 2008.

2.      Heracles Vs Vitesse

10 Januari 2021 menjadi Jadwal liga Belanda ajang pertandingan antara Heracles dan Vitesse. Informasi umum mengenai tim Heracles yang terbentuk pada tahun 1903 ini berasal dari kota Almelo, Belanda. Secara mengejutkan belum mendapatkan penghargaan atau predikat selama mengikuti pertandingan di Eredivisie.

Lawan bertandingnya, yaitu Vitesse yang mempunyai nama asli Stichting Betaald Voetbal Vitesse ini, mempunyai nasib yang sama dengan Heracles. Selama di Eredivisie, belum pernah menorehkan prestasi menonjol. Tapi, satu hal yang unik adalah Vitesse merupakan satu-satunya tim sepak bola Belanda yang mempunyai ketua orang asing.

3.      Fortuna Sittard Vs Sparta Rotterdam

Jadwal liga Belanda selanjutnya adalah pada tanggal 14 Januari 2021, Anda dapat menyaksikan pertandingan antara Fortuna Sittard Vs Sparta Rotterdam. Dilihat dari awal berdiri sebuah tim, Sparta Rotterdam jauh lebih dahulu dibandingkan Fortuna Sittard, yaitu dimulai pada tahun 1887.

Sparta Rotterdam mengalami naik-turun karir sepak bola di liga Eredivisie dan sempat berlaga di Eerste Divisie selama beberapa musim. Sedangkan Fortuna Sittard pada tahun 2018 kembali meraih kesempatan untuk bermain di Eredivisie selama hampir 16 tahun dan memenangkan pertandingan saat melawan tim Jong PSV.

4.      Twente Vs Ajax

Pertandingan antara Twente vs Ajax sepertinya cukup ditunggu oleh para penggemarnya. Jadwal liga Belanda antar dua tim akan berlangsung pada tanggal 15 Januari 2021. Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan tim Ajax, yakni salah satu tim sepak bola Andalan Belanda karena berhasil memperoleh trofi kemenangan sebanyak 34 kali di Eredivisie.

Beralih dari Ajax, Twente juga tidak kalah berprestasi karena telah beberapa kali memenangkan trofi Eredivisie pada tahun 2008 dan Erste Divisie 2018. Selain itu, Twente memenangkan pertandingan internasional seperti UEFA Intertoto Cup pada tahun 2006.

Top Skor Liga Belanda Terbanyak

Dari sekian banyak jadwal liga Belanda yang telah diadakan, terdapat beberapa pemain mampu mencetak prestasi dalam sepak bola. Hal tersebut yang menjadikan tim yang menaungi para pemain ini mampu mencapai babak selanjutnya dan mencapai kemenangan di pertandingan bergengsi.

1. Henk Groot

Seorang striker yang mengembangkan karirnya pada tahun 1959 ini berhasil menorehkan prestasi sebagai pencipta top skor liga Belanda sebanyak dua kali. Terlebih lagi saat dirinya mampu membawa tim-nya, yaitu Ajax Amsterdam unggul dengan skor 3-0 saat melawan NAC Breda.

Pada tahun 1950-1960, Groot mampu menghasilkan gol sebanyak 38 kali dalam 33 pertandingan. Tidak hanya itu, pada tahun 1960-1961, dirinya juga berhasil menciptakan 41 gol dalam 32 pertandingan.

2. Luc Nilis

Pemain berkebangsaan Belgia ini masuk dalam salah satu daftar pencipta top skor di liga Belanda. Posisinya di tim PSV, Nilis memegang posisi sebagai seorang striker. Keahliannya dalam bermain bola tidak lepas dari status sang ayah, yakni Roger, yang merupakan pemain sepak bola profesional di Belgia pada tahun 1960.

Nilis berhasil menghasilkan dua top skor selama di liga Belanda. Pada pertandingan Internasional, Nilis berhasil menciptakan kemenangan dari tendangan indahnya saat melawan beberapa negara, seperti Romania, Korea Selatan, Zambia dan Hungaria.

3. Ove Kindvall

Pesepakbola berdarah Swedia ini berhasil mengibarkan karir sepak bolanya di negeri Belanda. Menjadi bagian dari tim-tim ternama seperti IFK Norrkoping, Feyenoord hingga IFK Goteborg, Kindvall yang memegang posisi sebagai striker ini berhasil menghasilkan top skor liga Belanda sebanyak tiga kali.

Pada European Cup tahun 1970, Kindvall menjadi orang pertama yang bukan keturunan Belanda, namun mampu membawa kemenangan untuk tim-nya, Feyeenoord. Pada tahun 1968 hingga 1970, Kindvall mampu mencetak skor terbanyak saat dalam pertandingan di liga Eredivisie.

4. Marco Van Basten

Kiprahnya di dunia sepak bola nyatanya tidak berkibar di Belanda saja. Kemampuan dan kualitas yang dimilikinya, menjadikan Marco Van Basten mampu menjadi dua tim sepak bola internasional, yaitu Ajax dari Belanda dan Milan dari Italia.

Tidak tanggung-tanggung, Basten mampu menghasilkan top skor hingga empat kali dalam liga Belanda. Maka jangan heran, jika saat itu terdapat jadwal liga Belanda, para pecinta bola pasti menunggu kehadiran penampilan dari si kaki emas seorang Marco Van Basten.

5. Ruud Geels

Pernah tergabung dalam beberapa tim besar sepak bola Belanda seperti Ajax, Sparta, Club Brugge dan NAC, Ruud Geels menorehkan prestasi dengan menciptakan top skor liga Belanda sebanyak lima kali. Geels yang menempati posisi sebagai striker ini telah menghasilkan 11 gol dalam 20 pertandingan.

Sejarah Liga Belanda dan Kilas Baliknya

Kurang lengkap rasanya jika Anda selalu mengikuti berita bola online terkini mengenai jadwal liga Belanda tanpa mengetahui sejarah yang menjadikan pertandingan ini terus diadakan hingga saat ini. Terlebih lagi dengan adanya liga Belanda 2 yang semakin memeriahkan pertandingan bergengsi ini.

Kilas balik dari liga Belanda ini berawal dari tahun 1956, dimana melibatkan 8 tim sepak bola terbaik untuk mendapatkan gelar juara. Hal yang menarik dari liga yang mempunyai nama Eredivisie ini mempertemukan satu tim dengan tim yang lain sebanyak dua kali.

Namun, ada babak penyisihan dimana setiap tim yang kalah, maka akan diturunkan ke liga yang lebih rendah, yaitu Eerste Divisie. Kabar baiknya, jika tim yang berlaga di Eerste Divisie mengalami peningkatan dan memenangkan kejuaraan, maka akan langsung diajukan untuk bergabung ke liga Eredivisie.

Hal inilah yang menjadikan jadwal liga Belanda selalu menarik untuk diikuti. Banyaknya kejutan dengan sistem pertandingan yang berbeda, menjadikannya pernah menerima penghargaan sebagai liga pertandingan sepak bola terbaik di Eropa.

Jika membicarakan tim-tim ternama yang terlibat dalam liga Eredivisie, beberapa nama akan muncul paling atas karena memang terbukti mampu meraih kemenangan dengan skor yang baik. Nama yang tidak asing seperti Ajax Amsterdam, Feyeenoord dan PSV Eindhoven.

Ajax Amsterdam muncul di deretan nomor satu karena tim sepak bola ini memang mendominasi kemenangan di jadwal liga Belanda atau Eredivisie. Bayangkan saja, Ajax Amsterdam mampu memperoleh 34 gelar nasional yang disusul oleh tim lainnya dengan kualitas permainan tidak kalah apik.

Akan tetapi, sepertinya tahun 2020 silam memberikan dampak yang cukup mencengangkan untuk liga Eredivisie. Pasalnya, wabah COVID-19 menjadikan keputusan dari pihak penyelenggara liga bahwa pertandingan yang berlangsung pada tahun tersebut tidak menobatkan siapa juaranya.

Sontak hal ini cukup mengejutkan, dimana seharusnya yang memenangkan musim ini adalah Ajax Amsterdam, setelah melewati serangkaian jadwal liga Belanda dan pada akhirnya harus berlapang dada dan menerima keputusan tidak adanya gelar juara di tahun 2020.

Klub Belanda Pemenang Terbanyak di Eredivisie

Jadwal liga Belanda yang mempertemukan satu tim dengan tim lainnya pastinya akan menghasilkan seorang juara. Dalam artian, tim yang mampu menghasilkan skor terbanyak akan terdaftar sebagai pemenang dan mencatatkan sejarah di daftar Eredivisie.

Berikut ini terdapat empat klub sepak bola Belanda yang diurutkan berdasarkan skor yang telah mereka peroleh selama bertahun-tahun berlaga di Eredivisie.

1.  Ajax Amsterdam

Nama tim Ajax Amsterdam memang sudah dikenal seantero liga sepak bola Eropa. Bagaimana tidak, tim yang diketuai oleh Hennie Henrichs ini benar-benar menonjolkan prestasinya di kancah Internasional.

Bahkan IFFHS, yaitu federasi sejarah dan statistik sepak bola berpendapat bahwa Ajax menempati posisi nomor 7 sebagai tim Eropa paling sukses. Sejak didirikannya Eredivisie, Ajax Amsterdam tidak pernah mangkir dan terus menerus menonjolkan keganasannya dalam bermain hingga saat ini.

Pada tahun 1971-1972, Ajax Amsterdam berhasil memenangkan liga piala dunia klub di tahun yang bersamaan.

2.  PSV Eindhoven

Menjadi salah satu dari tiga tim sepak bola terkuat di Belanda, PSV Eindhoven, telah berhasil memperoleh trofi kemenangan dari berbagai macam kejuaraan. Salah satunya adalah Liga Champion pada tahun 1988.

Tidak hanya itu, PSV Eindhoven juga memenangkan liga lainnya seperti Piala Korea pada tahun 1983 dan Piala UEFA tahun 1978. Untuk kejuaraan Nasional, PSV Eindhoven memperoleh kemenangan di liga Eredivisie dari tahun 2004-2008 posisi juara 9 dan piala Johan Cruijff dari tahun 1991-2009 posisi juara 8.

3.  Feyenoord Rotterdam

Feyenoord Rotterdam menjadi rival dari Ajax Amsterdam meskipun keduanya tergabung dalam deretan tim sepak bola terkuat di Belanda. Hal ini tidak mengherankan karena Feyenoord juga begitu berprestasi, khususnya dalam memenangkan piala UEFA tahun 1974 dan 2002.

Hal yang tidak kalah menarik adalah Feyenoord juga memperoleh kemenangan saat mengikuti laga piala Toyota dan liga Champion tahun 1970. Tidak hanya itu, tim ini juga beberapa kali menduduki peringkat di nasional Belanda.

4.  Alkmaar Zaanstreek

Berdiri sejak tahun 1967, Alkmar Zaanstreek atau yang dikenal di ranah Eropa dengan sebutan AZ Alkmaar ini berhasil mendapatkan predikat sebagai pemenang liga Belanda pada musim 2008-2009. Prestasi yang pernah diperoleh Alkmaar adalah juara pada piala Belanda 19781-1981-1982 dan Eredivisie  tahun 1981.

Struktur Liga Sepak Bola Belanda

Mengetahui struktur liga sepak bola Belanda akan membantu Anda memahami jadwal liga Belanda yang ditetapkan. Terdapat beberapa tahapan yang diberlakukan pada liga Belanda, hingga akhirnya para tim unggul dan telah memenangkan sebuah pertandingan akan dipertemukan di satu tahapan menuju juara.

1.      Level

Pada jadwal liga Belanda, Anda harus memahami bahwa terdapat tingkatan level yang disesuaikan berdasarkan peraturan yang ada. Misalnya saja level Eredivisie yang terdiri dari 18 tim sepak bola Belanda, lalu disusul Eerste Divisie terdiri dari 20 tim dan Tweede Divisie terdiri dari 18 tim.

Lanjut ke level selanjutnya, terdapat Derde Divisie yang membagi tim menjadi dua waktu, yaitu grup Sabtu dan Minggu. Di level Hoofdklasse, tim yang sudah dibagi, dipecah lagi menjadi dua, masing-masing a dan b sesuai dengan hari.

Tahap terakhir, dimana level 6 hingga 10 mulai dipecah lagi dengan penamaan arah, misalnya saja tim timur, barat, selatan dan utara.

2.      Liga Pertandingan Sepak Bola Profesional

Pada pertandingan liga Belanda professional, akan disandingkan 18 tim yang telah diseleksi untuk bertanding di Eredivisie dan. Sedangkan di liga Eerste Divisie, tim yang dilibatkan lebih banyak, yakni 20, namun dengan peraturan 4 tim menjadi cadangan selama liga berlangsung.

Sistemnya adalah seperti ini, pemenang utama di Eerste Divisie akan langsung dimasukan ke Eredivisie, dan tim urutan terendah di Eredivisie akan langsung dilengserkan ke Eerste Divisie. Tim yang ada di posisi khusus dalam Eredivisie, yakni 16-17 akan bertanding dengan beberapa tim Eerste Divisie dalam beberapa putaran.

3.      Liga Pertandingan Sepak Bola Pemain Wanita

Siapa bilang jika pertandingan liga Belanda hanya untuk kaum pria saja? Nyatanya, para pemain wanita juga turut andil dalam sepak bola namun dengan susunan yang lebih sederhana dan mudah untuk dipahami.

Pada tingkat satu, yaitu Eredivisie terdiri dari 9 klub. Selanjutnya pada tingkat dua, Topklasse terdapat 12 klub. Pada tingkat tiga, tahapan Hoodfklasse terbagi menjadi dua, yaitu Hoodfklasse Sabtu dan Hoodfklasse Minggu dengan masing-masing jumlah tim sebanyak 12.

Pada tahap keempat, struktur pertandingan liga sepak bola untuk wanita dipecah lagi menjadi empat bagian, yaitu Eerste Klasse A-B-C-D. Sampai akhirnya pada tahap kelima, yaitu liga regional. Memahami tentang liga Belanda ternyata memberikan hal yang berbeda jika dibandingkan dengan liga sepak bola lainnya di kawasan Eropa.

Meskipun terlihat sedikit rumit, namun Eredivisie ini selalu mampu memberikan kejutan seru kepada setiap penontonnya. Mulai diselenggarakannya lagi Eredivisie dan dikeluarkannya jadwal liga Belanda setiap hari memberikan semangat untuk pecinta liga sepak bola Eropa untuk mengetahui tim siapa saja yang masih bertahan di Eredivisie, atau justru ada yang lengser ke tahap Eerste Divisie.

Banyak tim-tim sepak bola Belanda yang awalnya dipandang sebelah mata, namun kini menunjukkan taringnya dan menjadi ancaman untuk tim terkuat di Belanda selama puluhan tahun. Kehadiran Rival baru yang tidak terduga semakin menambah keseruan pertandingan dari negeri kincir angin ini.

Jika Anda ingin mengikuti perkembangan liga sepak bola Belanda atau pun hal-hal yang berkaitan dengan cabang olahraga ini, mulai dari berita terkini hingga hasil update pertandingan, selalu kunjungi treatyrepublic.net untuk kabar yang selalu diperbaharui setiap harinya. Salam para pecinta sepak bola!