Breaking News

Peraturan Sepak Bola yang Berlaku Saat Ini

Peraturan Sepak Bola – Sepak bola adalah salah satunya olahraga terpopuler di dunia, lantaran sebagian besar negara mempunyai kesebelasan timnas. Liga – liga sepak bola jadi tontonan beberapa orang, hingga putaran ekonomi sangatlah menggairahkan pada olahraga bola besar ini. Kompetisi sepak bola dunia seperti Piala Dunia jadi salah satunya kompetisi paling ditunggu. Oleh karenanya banyak sekali orang yang jatuh cinta pada permainan sepak bola.

Fans bola sejati biasanya tahu beberapa hal mengenai sepak bola, terhitung ketentuan bermain sepak bola. Ketentuan bermain itu seringkali mengalami perombakan untuk membuat permainan yang lebih bersaing dan makin sportif. Pada artikel ini kami akan meringkas ketentuan landasan dalam sepak bola.

Peraturan Sepak Bola Terbaru

Peraturan Sepak Bola yang Berlaku Saat Ini
Peraturan Sepak Bola yang Berlaku Saat Ini

Ukuran Lapangan dan Waktu Laga

Untuk pahami ketentuan dalam sepak bola maka penting lebih dulu mengenali ukuran lapangannya. Umumnya lapangan sepak bola mempunyai panjang 100 sampai 110 M, dan lebar 64 – 75 M. Pada lapangan itu ada gawang dengan tinggi 2,44 mtr. dan lebar gawang 7,32 M. Di area gawang itu, ada kotak penalti dengan ukuran 40,39 x 16,5 M. kotak penalti adalah wilayah kekuasaan penjaga gawang, hingga mereka memiliki hak memegang bola.

Sepak bola sendiri mempunyai waktu laga 2 x 45 menit. Sesudah babak pertama usai, karena itu pemain diberi waktu istirahat 15 menit. Pada laga penyisihan, bila score masih imbang sesudah 2 x 45 menit usai, maka diberi tambahan extra time 2 x 15 menit. Bila babak extra time sudah usai dan score masih sama – imbang, laga akan diteruskan dengan beradu penalti.

Jumlah Pemain dan Ketentuan Mengawali Laga

Jumlah pemain yang berlaga dalam sepak bola yakni 11 orang tiap team. Umumnya tiap team membawa pemain pengganti, dan sepanjang laga berjalan dapat diganti maksimum 3 pemain. Dalam team tersebut harus ada pemimpin Team (captain) yang akan bertanggungjawab seutuhnya ke wasit. peraturan main sepak bola menetapkan jika sebelum laga dimulai, tiap pemain harus berjabat tengan ke rekan, team musuh, dan wasit. kemudian wasit akan melempar koin untuk tentukan team yang mana jadi pemegang bola awal.

Peraturan Sepak Bola Tentang Terkait Aksesoris

Dalam ketentuan bermain sepak bola masing – masing team harus memakai seragam (jersey) yang berwarna berlainan dengan jersey musuh. Oleh karenanya tiap team umumnya mempunyai 2 buah jersey, yaitu untuk laga kandang (home) dan jersey untuk laga tandang (away). Tiap pemain harus juga memakai kaos kaki seragam dalam team tersebut, dan tidak diperbolehkan menggunakan aksesoris lain seperti perhiasan, arloji, dan yang lain. Penjaga gawang harus kenakan sarung tangan, dan kapten team harus memakai ban captain. Cuman penjaga gawang yang bisa memegang bola serta bagian kaki untuk menyepak bola. Bila penjaga gawang memegang bola pada luar kotak penalti, maka akan terjadi pelanggaran.

Ketentuan Mengenai Tendangan Penalti

Ketentuan Mengenai Tendangan Penalti
Ketentuan Mengenai Tendangan Penalti

Para pecinta bola harus tahu dan dapat jelaskan pemicu berlangsungnya tendangan penalti. Tendangan penalti kerap kali dapat mengubah hasil laga. Penalti diberikan kepada team yang lakukan pelanggaran di tempat kotak penalti sendiri. Wujud pelanggaran yang berbuah penalti seperti memegang bola di tempat kotak terlarang (terkecuali penjaga gawang), menjatuhkan musuh, dan pelanggaran yang lain. tendangan penalti itu ditetapkan oleh wasit. Meskipun terjadi pelanggaran pada kotak penalti belum tentu hukuman yang diberikan wasit sebuah tendangan penalti, sebab bisa saja wasit memandang jaraknya masih jauh dari titik putih. Oleh sebab itu wasitlah yang memunyai kuasa memutus tendangan penalti itu.

Peraturan Sepak Bola Tentang Wasit dan Asisten Wasit

Apabila diminta menerangkan mengenai ketentuan sepak bola, maka Anda pun harus memahami beberapa tugas wasit dan asisten wasit. Wasit adalah pemimpin jalannya sebuah laga. Wasit yang tentukan apakah laga diteruskan, ditahan, serta terjadi pelanggaran atau tidak. Umumnya tiap laga ada 2 wasit, yaitu wasit inti dan wasit cadangan. Dalam laga wasit inti ditolong oleh asisten wasit sejumlah dua orang atau kerap dikatakan sebagai hakim garis. Hakim garis bekerja untuk membatu wasit dalam memutuskan, terkait bola out, pelanggaran, dan yang lain.

Peraturan Sepak Bola Tentang Gol

Dalam laga sepak bola, tiap team berusaha untuk menyarangkan bola ke gawang musuh. Apabila bola sukses masuk, maka disebut gol, Selanjutnya team yang sukses membuat gol terbanyak yang akan menjadi juara. Apabila bola sudah melawati garis gawang maka sah ditetapkan gol. Sekarang ini dalam sepak bola modern telah diaplikasikan teknologi garis gawang. Jadi teknologi ini dapat mengetahui apakah bola telah melalui garis gawang atau tidak. Tetap saja gol atau tidaknya ada pada keputusan wasit.

Teknologi garis gawang dipakai supaya wasit semakin bisa membuat keputusan benar. Pemain dapat mencetak gol dengan semua anggota badan, terkecuali tangan. Umumnya pemain menyepak bola dengan kaki bagian dalam supaya sepakan lebih tepat. tapi ada pula pemain yang menyepak bola dengan kaki sisi luar, supaya arah bola makin susah ditebak penjaga gawang.

Peraturan Sepak Bola Tentang Offside serta Onside

Dalam laga sepak bola, ada pelanggaran yang dikatakan sebagai offside. Bila pemain telah ada dalam status offside dan sukses membuat gol, maka gol itu dihitung tidak sah. Offside berlangsung bila pemain ada di posisi lebih depan dari posisi bek musuh. Misalkan saat salah satunya pemain membawa bola, kemudian mengirim bola ke depan (penyerang), tapi rekanan striker itu posisinya telah ada lebih jauh dari bek musuh, maka hal tersebut disebut offside.

Sedangkan onside berarti posisi pemain masih sejajar dengan bek musuh, atau masihlah jauh ada di belakang bek musuh. Nanti hakim garis yang menyaksikan apakah pemain telah offside atau masih onside. Apabila pemain melakukan offside baik disengaja atau tidak, hakim garis akan langsung mengangkat bendera yang menjadi pertanda kepada wasit bahwa terjadi pelanggaran.

Ketentuan Terjadinya Pelanggaran

Ketentuan Terjadinya Pelanggaran
Ketentuan Terjadinya Pelanggaran

Saat pemain membawa bola dengan kaki sisi dalam, maka musuh akan berusaha menghentikannya secara benar. Apabila teknik menghentikan tersebut, bisa mencelakakan musuh maka terjadi pelanggaran. Misalkan musuh lakukan tekel keras, maka wasit akan memutuskan apa pelanggaran tersebut termasuk biasa, atau bisa diberikan sanksi berupa kartu atau tidak.

Tapi jika waktu pemain membawa bola dengan kaki bagian dalam memakai metode baik, dan musuh lakukan takel pada bola, bisa tidak dikatakan sebagai pelanggaran. Pelanggaran berlangsung apabila ada adu fisik yang memunculkan resiko luka pada pemain. Pelanggaran sendiri terjadi dikarena beberapa sebab seperti, pemain menyentuh bola, menggagu wasit, mendorong musuh, dan yang lain. Wasit seutuhnya yang tentukan apakah terjadi pelanggaran atau tidak. Kartu diberi berdasar berat tidaknya pelanggaran yang dijalankan.

Apabila pelanggaran kecil, maka cuma dilakukan tendangan bebas. Apabila pelanggaran termasuk berat, maka dikenai kartu kuning. Apabila pelanggaran benar-benar berat, maka wasit langsung keluarkan kartu merah. Apabila dikenakan kartu merah, maka pemain itu harus keluar dari lapangan. Nah, itulah peraturan bermain sepak bola yang perlu dimengerti.